Hal - Hal Unik Yang Jadi Ciri Khas Musim Hujan di Indonesia

Hai Gan! nggak kerasa yah udah bulan November..Perasaan baru kemarin tahun baru. nah ternyata musim hujan tahun ini jatuh di bulan November. setelah ane amati...ternyata banyak hal unik yang hanya terjadi di musim hujan dan sulit ditemui pada musim kemarau..Cekidot gan!

1. Banjir
Bukan hal membanggakan memang, tetapi musim hujan di Indonesia memang identik dengan banjir. Terutama di kota-kota besar yang punya masalah sampah dan sistem penyaluran air.

Tak jarang banjir di kota besar disertai pohon tumbang. Hal ini bisa membahayakan karena dalam beberapa kasus pohon tumbang menindih warga yang sedang berteduh atau kebetulan lewat di dekatnya.

Memang udah langganan ya gan, setiap tahun pasti banjir..kapan yah Negri kita ini bisa terbebas dari banjir

2. Halte dan Kolong Flyover Mendadak PenuhSaat hujan deras mengguyur,

 kadang selembar jas hujan saja tak cukup untuk melindungi pengendara motor. Kalau sudah begini halte bus dan kolong flyover jadi tempat berteduh. Seperti para pengendara motor yang berteduh di kolong jembatan Semanggi pada gambar di atas. Saking banyaknya motor yang berteduh, separuh badan jalan sampai tertutup dan tak bisa dilewati.

3. Pedagang Jas Hujan Dadakan Bermunculan

Musim hujan menjadi ladang rezeki bagi para pedagang jas hujan. Tak sedikit yang memasang dagangan di pinggir jalan. Jas hujan yang ditawarkan pun beragam. Mulai dari yang berbahan plastik dan dijual dengan harga 5.000-an sampai yang tebal dan bisa dipakai 2 orang sekaligus.

Ternyata Musim hujan membawa berkah bagi sebagian orang juga ya gan

4.Ojek Payung

Tak hanya pedagang jas hujan yang mencoba menanggung rezeki lewat musim hujan. Para pengojek payung pun mendadak bermunculan. Kebanyakan anak kecil yang menawarkan jasa kepada pejalan kaki di pinggir jalan. Tak jarang mereka harus kehujanan sambil mencari pelanggan.

Kadang ane suka kasihan gan liat mereka kehujanan

5. Jasa Cuci Mobil dan Motor Laku Keras

Musim hujan menjadi ladang rezeki bagi para penyedia jasa cuci mobil dan motor, baik cuci motor sederhana di pinggir jalan atau cuci motor dan mobil yang mentereng. Jumlah klien yang dilayani jasa cuci motor dan mobil pada musim seperti ini bisa naik berkali-kali lipat, kadang bisa mencapai puluhan unit motor dalam sehari.

Maklum lah gan, yang namanya musim hujan pasti kendaraan kita bakan kotor terus kena air becekan

6. Lubang

Lubang Baru Bermunculan di JalananBanjir yang menggenangi jalan-jalan raya tak hanya berdampak pada kemacetan lalu lintas. Setelah beberapa hari terendam air, kadang ada saja lubang jalan baru yang bermunculan. Kondisi ini bisa semakin membahayakan saat hujan mengguyur lagi. Sebab permukaan jalan yang tak rata jadi tergenang air, menutupi lubang yang bisa membuat pengendara terperosok.

Nah harus extra hati - hati nih gan kalau lagi berkendara di musim hujan

7. Pedagang Makanan dan Minuman Hangat Bermunculan

Satu hal yang paling menyenangkan dari musim hujan adalah makanan-makanan enak dan hangat yang bisa ditemui di sepanjang jalan. Tak sedikit pedagang makanan yang 'ganti produk', dari es cendol ke kembang tahu, bubur kacang hijau atau minuman hangat. Yang selalu dicari tentu saja penjual gorengan panas.

Ini nih gan yang ane suka, makan gorengan sambil menikmati hujan..mantap deh!!

8. Laron Mulai BermunculanSaat mengawali musim hujan

laron mulai bermunculan di beberapa daerah. Apalagi di malam hari, populasi laron yang muncul bertambah, apa penyebabnya? Laron adalah rayap yang berhasil membentuk sayapnya untuk bisa terbang keluar dari sarangnya. Binatang ini adalah serangga sosial anggota bangsa Isoptera. Habitat sesungguhnya dari binatang ini adalah di pohon-pohon dan paling banyak di dalam tanah. Dikarenakan rayap mampu menggali ke dalam tanah untuk membuat sarang mereka.

Setiap mau hujan pasti banyak banget nih serangga...katanya sih enak kalau dijadikan cemilan/peyek..agan2 udah pada pernah coba belum?

9. Banyak Hari Libur

Nah biasanya ini efek tidak langsung dari bencana banjir. karena sekolah - sekolah atau kantor terendam banjir, alhasil kegiatan hari itu diliburkan. paling enak kalau liburnya berdekatan dengan tanggal merah atau hari minggu. jadi libur panjang deh

0 Response to " Hal - Hal Unik Yang Jadi Ciri Khas Musim Hujan di Indonesia"

Posting Komentar